Peran YouTube dalam Mempromosikan Pendidikan STEM untuk Kelompok yang Kurang Terwakili
![](https://statik.unesa.ac.id//profileunesa_konten_statik/uploads/s2pls.pasca.unesa.ac.id/thumbnail/cb172629-ffcd-4ec8-8aa1-41d578aa797c.jpg)
YouTube telah memainkan peran penting dalam mempromosikan pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) kepada kelompok-kelompok yang kurang terwakili, termasuk perempuan, minoritas, dan komunitas dengan akses terbatas terhadap pendidikan formal. Melalui berbagai kanal yang memproduksi konten pendidikan yang inklusif, YouTube memberi kesempatan bagi individu dari latar belakang yang beragam untuk belajar tentang sains, teknologi, rekayasa, dan matematika dalam cara yang lebih mudah diakses.
Platform ini menyediakan berbagai video tutorial, eksperimen, dan pembahasan yang dirancang untuk menginspirasi dan mendidik, dengan pendekatan yang lebih terbuka dan mengundang. Dengan demikian, YouTube berupaya mengurangi kesenjangan pendidikan di bidang STEM, memberikan sumber daya kepada mereka yang mungkin tidak memiliki akses ke fasilitas pendidikan tradisional. Fitur ini juga membantu menciptakan model peran yang lebih inklusif, mendorong lebih banyak perempuan dan minoritas untuk mengejar karier di bidang STEM.