PPL Mahasiswa Pascasarjana Unesa di SPS Tunas Harapan Trenggalek

PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA (SAUNG DAN POJOK BACA) DI SPS TUNAS HARAPAN
PUCANGANAK TUGU TRENGGALEK
Sri Haryati, mahasiswa pascasarjana prodi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Surabaya, melaksanakan praktek pengalaman lapangan (PPL) di SPS Tunas Harapan, Trenggalek. Sebagai pemilik lembaga yang aktif dibidang Pendidikan Anak Usia Dini yang berperan sebagai ketua pengelola sekaligus pendidik, sudah sejak lama Sri Haryati ingin mengoptimalkan peran masyarakat di sekitar lembaga, yang salah satunya adalah kemitraan dalam mewujudkan sarana dan prasarana yang diperlukan oleh lembaga, dalam rangka pemenuhan Pendidikan yang nyaman dan sesuai dengan pembentukan karakter Pendidikan anak usia dini.
Tunas Harapan Merupakan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang berjenis SPS (Satuan Paud Sejenis) yang menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini. yang merupakan satuan pendidikan nonformal yang sistem menyelenggarakan pembelajaran pada orientasi vokasional tertentu dan memiliki program pembelajaran yang disesuaikan dengan aspek perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Aspek perkembangan anak usia dini yang digunakan disesuaikan dan mengacu pada permendikbud 137 yang berisi 4 Kompetensi Inti, yang disebut dengan KI. KI ini terbagi menjadi 4 yaitu KI 1 yang mencerminkan sikap spiritual, KI 2 Sikap Sosial, KI 3 Pengetahuan, KI 4 Keterampilan.
Tahapan pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana di SPS Tunas Harapan dimulai dari desain dan model saung, kemudian kebutuhan akan sarana dan prasarana, pembentukan team yang terdiri dari relawan yang berasal dari masyarakat sekitar dan wali murid, membangun fisik bangunan serta pendampingan team dengan studi banding, workshop dan kegiatan lain yang bisa dilakukan guna team benar-benar siap melakukan pembangunan. Pendampingan yang penulis lakukan adalah mendesain pojok baca dan memberikan arahan mengenai penataan lokasi pojok baca.
Gambar 1 Pendirian Kerangka Saung Belajar
Gambar 2 Proses Penyelesaian Saung Belajar
Gambar 3 Saung Belajar telah difungsikan untuk kegiatan pembelajaran