IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KEMARITIMAN DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BAGI GURU KELOMPOK BERMAIN DI KABUPATEN LAMONGAN
![](https://statik.unesa.ac.id//profileunesa_konten_statik/uploads/s2pls.pasca.unesa.ac.id/thumbnail/8e35f12d-a8fb-42ff-abcc-a9aee33c8629.jpg)
Kegiatan dilakukan pada Selasa, 5 Juli 2022 di Kabupaten Lamongan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh lima narasumber dan dua mahasiswa. Materi pertama mengenai Konsep Pendidikan Kemaritiman serta Peran PTK, Orang Tua, dan Mitra dalam Penerapan Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD oleh Prof. Dr. Gunarti Dwi Lestari, M.Si. Materi kedua Pengintegrasian Pendidikan Kemaritiman dalam Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Pengembangan RPP di Satuan PAUD disampaikan oleh Dr. Widodo, M.Pd., materi ketiga mengenai Penerapan Metode/Kegiatan, Media dan Sumber Belajar Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD yang disampaikan oleh Dr. Rofik Jalal Rosyanafi, M.Pd. dan Dr. Wiwin Yulianingsih, M.Pd., sementara materi kelima mengenai Penerapan Penilaian Pembelajaran dalam Pendidikan Kemaritiman disampaikan oleh Dr. Ali Yusuf, M.Pd.
Keberhasilan target jumlah peserta pendampingan yang semula direncanakan sekitar 20 orang dari perwakilan pendidik PAUD Kabupaten Lamongan, dalam pelaksanaannya kegiatan pelaksanaan dihadiri oleh 25 peserta. Pemahaman dan wawasan peserta pendampingan mengenai materi pendidikan berbasis kemaritiman pada pendidik PAUD semakin meningkat, karena materi tersebut belum pernah diperoleh sebelumnya. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan yang telah diselenggarakan, hal ini terlihat dari adanya tanya jawab yang dilakukan dengan pemateri dan praktik simulasi dengan kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan di wilayah pesisir laut.
Beberapa pendampingan yang diikuti oleh peserta, yaitu berupa pembuatan administrasi dalam penyusunan kurikulum KTSP di tingkat satuan pendidikan seperti silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran disusun oleh pendidik dengan memperhatikan setiap materi yang ada dalam kurikulum dan terangkum dalam standar isi.Peserta pendampingan diberikan pengetahuan mengenai kelautan dan wawasan serte keterampilan dalam memanfaatkan sumber daya laut. Beberapa cara fasilitator untuk mengimplementasikan pendidikan kemaritiman adalah melalui integrasi dalam tema pembelajaran, melakukan simulasi keterampilan pengolahan sumber daya laut, dan pendampingan menyusun dan mengembangkan materi siaga bencana laut dalam pembelajaran.